topbella

Kamis, 04 November 2021

PRAKTIK BAIK INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEMANFAATKAN FITUR RUMAH BELAJAR

 Hallo Sahabat Rumah Belajar di seluruh Indonesia!

Saya akan menceritakan praktik baik inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan di SMKN 2 Banjarbaru. Sasaran dari praktik ini yaitu peserta didik Kelas X. Praktik baik ini tentunya dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar.

Praktik baik yang saya lakukan mengusung subtema "Ilmu Pengetahuan". Materi yang akan dibahas yaitu pelajaran Bahasa Indonesia mengenai Teks Laporan Hasil Observasi. Tentunya saya juga tidak lupa mengusung kearifan lokal di Kalimantan Selatan.

Pada tahapan pendahuluan, tentunya saja membuka pembelajaran seperti biasa. Mengucapkan salam, mencek kebersihan lingkungan belajar, mencek kehadiran peserta didik, dan lain sebagainya. Kemudian, saya memberikan pertanyaan pemantik mengenai teks laporan hasil observasi. Saya juga mengingatkan kembali bahwa pertemuan sebelumnya sudah belajar cara menggunakan atau memanfaatkan fitur Rumah Belajar.

Ketika memasuki tahap inti, saya menugaskan peserta didik untuk membuka fitur Rumah Belajar yaitu Sumber Belajar. Kemudian kami mencari materi mengenai Teks Laporan Hasil Observasi. Setelah itu kami diskusi tanya jawab mengenai Teks Laporan Hasil Observasi.

Tahap selanjutnya, peserta didik saya tugaskan untuk membuat sebuah Teks Laporan Hasil Observasi yang mengangkat tema kearifan lokal di Kalimantan Selatan. Peserta didik membuat laporan hasil observasi tempat yang pernah mereka kunjungi di Kalimantan Selatan. Mereka sangat antusias ketika mendapatkan tugas ini. Hasil dari proyek ini akan saya jadikan portofolio.

Berikut ini sedikit dokumentasi praktik baik yang telah saya lakukan.









0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman